Perikanan Laut

Perikanan Laut - adalah kegiatan atau aktifitas di laut seperti manangkap ikan , budidaya ikan atau konservasi perikanan. Perikanan laut saat ini beluim di lirik oleh beberapa masyarakat di indonesia karena belum mengenalnya tentang perikanan dan belum terbukanya informasi tentang peluang yang ada di sektor perikanan laut.

Saat ini Perikanan Indonesia sedang bermetamorfosis untuk menjadikan perikanan laut sebagai pilar pembangunan ekonomi. karena apabila di kelola dengan benar maka kekayaan laut bisa mensejahterakan nelayan dan masyarakat indonesia umunya.

 Perikanan Laut

Perikanan laut indonesia merupakan kegiatan penangkapan ikan di laut, baik secara tradisional maupun modern dan kegiatan tersebut masih dalam teritorial Indonesia. Indonesiua sendiri perikanan laut terbagi dalam berbagai WWP. Dimana pembagian pembagian WPP tersebut selain sebagai penamaan dalam peta juga lebih kepada kepentingan ketahanan dan pembagian luasan.

Kegiatan perikanan laut ini juga meliputi pembudidayaan ikan di daerah pantai ataupun di lautan lepas sebagai sumber mata pencaharian masyarakat.Banyak para pembudidaya seperti budidaya kerapu, budidaya kakap, budidaya tuna, budidaya kerang, budidaya mutiara, budidaya rumput laut yanng termasuk dalam perikanan laut.
Penangkapan ikan secara tradisional tersebar luas di seluruh wilayah Nusantara dan dilakukan oleh nelayan indonesia, terutama yang tinggal di pesisir pantai dengan menggunakan perahu layar bercadik. Atau hanya menggunakan layar sebagai pendorong perahu. saat ini kondisi kondisi nelayan tersebut masih sangat memperihatinkan, Jauh dari kata sejahtera, Kondisi ini juga di alami oleh nelayan yang telah menggunakan perahu motor dengan peralatan yang masih sederhana, misalnya: pancing, jala, sero, rawai, dan pukat.

Penangkapan secara modern dilakukan oleh pemerintah maupun oleh swasta. Perlengkapannya sudah lebih maju dibandingkan dengan tradisional yang menggunakan kapal besar dilengkapi dengan mesin
pendingin (pengawet) serta pengolahan ikan.

Jenis ikan yang ditangkap, antara lain: cakalang, tuna, cumi, kembung, kerapu, kakap, teri, dan lemuru. Bahkan, ada ikan hasil tangkapan nelayan yang memiliki nilai ekspor, yaitu ikan tuna yang

wilayah tangkapannya meliputi laut selatan pulau Jawa, sebelah barat Sumatra, Laut Banda, dan sebelah utara Papua.

Comments

Popular posts from this blog

Lampu Celup Dalam Air ( LACUDA ) Berselongsong

perawatan mesin kapal

Jenis Dan Model Gillnet / Jaring Insang