Trammel Net

Trammel Net 

alat tangkap sejenis Gillnet / jaring Insang tetapi mempunyai bentuk jaring insang dua lembar dan tiga lembar, ikan yang memasuki mata jaring, selain ikan yang operculum girth lebih kecil dan maximum body girth nya lebih besar dari keliling mesh size jaring bagian dalam (inner net),  juga ikan yang mempunya keliling operculum girth nya lebih besar dari keliling mata jaring bagian dalam inner net, tetapi keliling Maximum body girth nya lebih kecil dari keliling mata jaring bagian luar (outer net). 

Cara tertangkapnya ikan pada ke dua jenis jaring ini, selain terjerat pada mata jaring bagian inner net juga tertangkap secara terpuntal pada mata jaring bagian inner net dan outer net. Alat tangkap jenis trammel net sama dengan Gillnet pada umumnya yaitu terbentuk dari webbing, pelampung , pemberat dan tali risa atas bawah


Berdasarkan jumlah lembar badan jaring, jaring insang dibagi ke dalam 3 (tiga) jenis yaitu:
Jaring insang satu lembar (Gillnet),
Jaring insang dua lembar (Semi trammel net/Double gillnet), dan
Jaring insang tiga lembar (Trammel net).

Pengguna alat tangkap trammel net kebanyakan adalah nelayan dari Pantura,. Dan mereka menggunakan alat tangkap ini dengan target spoesies udang. Istilah untuk alat tangkap ini diberbagai daerah ada yang menyebut sebagai jaring kantong dan jaring udang.

Untuk Lebih mengenal tentang Trammel Ini bisa di baca juga 

Sekilas tentang Trammel Net

Comments

Popular posts from this blog

Lampu Celup Dalam Air ( LACUDA ) Berselongsong

perawatan mesin kapal

Krendet Alat Tangkap Ikan